Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) pada Pembelajaran IPA Kelas VII

Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) pada Pembelajaran IPA Kelas VII
SMP Negeri 6 Kendari

Oleh: Herwin Hamid, S.Pd.,M.Pd.
SMP Negeri 6 Kendari


A. Pengantar
Di abad penuh dengan perkembangan teknologi ini kita disajikan dan ditawarkan berbagai macam kecanggihan produk teknologi baik dalam bentuk software maupun hardware. Demikian pula dalam dunia pendidikan saat ini, dimana peran ICT begitu diperlukan untuk memecahkan masalah-masalah belajar. Kemajuan ICT berdampak bagai pedang bermata dua dalam kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari. Disatu sisi, anak yang memiliki ketergantungan dengan gawai dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan sel-sel otaknya. Namun disisi lain pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di kelas, mampu memberikan manfaat yang luar biasa terhadap pemahaman peserta didik. Melalui penggunaan ICT para pendidik dapat menjelaskan konsep-konsep materi ajar yang masih bersifat abstrak, mengatasi keterbatasan alat peraga / media pembelajaran, memungkinkan dilakukannya eksperimen yang tidak dapat dilakukan secara langsung, serta mampu membawa peserta didik ke tempat ataupun objek penelitian dan merasakannya secara langsung.
Teknologi Virtual Reality (VR) akhir-akhir ini sedang berkembang pesat dalam penggunaannya yang diintegrasikan dalam dunia pendidikan di negara-negara maju. Teknologi Virtual Reality (VR)  ini mampu membawa lingkungan maya untuk diproyeksikan di lingkungan nyata dan juga membuat penggunanya dapat merasakannya “secara langsung”.
Dalam upaya mengurangi dampak ketergantungan peserta didik pada pemanfaatan teknologi ke arah negatif, perlu dilakukan sebuah upaya pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran di kelas. Selain dapat membantu menghadirkan objek secara nyata, teknologi Virtual Reality (VR) diyakini dapat memberikan pesan positif kepada peserta didik, sehingga nantinya akan memiliki kebiasaan untuk pemanfaatan teknologi ke arah pendidikan. Pada artikel ini akan membahas pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) pada pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 6 Kendari.

B. Pengertian Teknologi Virtual Reality (VR)
Teknologi Virtual Reality (VR) ini adalah teknologi yang dapat membuat pengguna berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer / smartphone sehingga pengguna dapat berada didalamnya dan merasakannya sebagai lingkungan yang nyata.
Teknologi VR ini sudah ada sejak tahun 1970-an yang digunakan pada banyak industry film sebagai efek visual film serta video game. Satu decade setelahnya VR berkembang dan memiliki bentuk baru, yakni head mounted display (HMD) yang dimanfaatkan untuk simulasi di bidang teknik mesin. VR ini juga sudah banyak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada dunia kedokteran sebagai alat simulasi bedah, psikoterapi dan lain-lain.
Kini, teknologi VR mengalami perkembangan yang begitu pesat, lingkungan maya dapat disimulasikan tidak hanya melalui komputer tetapi melalu smartphone. Di tahun 2013, Google meluncurkan sebuah proyek bernama proyek Google Cardboard (GC). Google Cardboard yaitu sebuah alat yang berbentuk kacamata terbuat dari karton  yang digunakan sebagai tempat smartphone untuk menampilkan objek ataupun lingkungan maya 360o sebagai lingkungan VR. Google Cardboard ini menjadi tonggak perkembangan teknologi yang merubah presepsi masyarakat bahwa teknologi VR itu mahal, Google Cardboard ini sendiri tidak  harus  dibeli, pengguna  dapat  membuatnya  sendiri dengan  mengunduh  pola / template karton di laman web resmi cardboard.

C. Penggunaan Aplikasi Virtual Reality (VR)
Aplikasi VR ini menggunakan laptop / desktop PC ataupun smartphone yang disertai dengan kacamata sebagai pintu utama untuk masuk ke lingkungan maya dan merasakannya secara langsung.
  1. Penggunaan dengan Laptop / Dekstop PC
Salah satu perusahaan digital yang sangat terkenal dengan produk teknologi VR nya adalah Oculus Rift. Oculus Rift menyiapkan berbagai macam aplikasi VR mulai dari aplikasi hiburan, game hingga edukasi dengan konten yang sangat menarik. Namun karena harganya yang tergolong mahal, masih sedikit produk ini digunakan di Indonesia apalagi dikalangan para peserta didik.
Aplikasi Virtual Reality menggunakan PC Desktop
  1. Penggunaan dengan Smartphone
Smartphone yang digunakan menjalanan aplikasi VR harus memiliki sensor gyroscope seperti halnya ketika ingin menjalankan aplikasi AR. Semakin tinggi resolusi display smartphone maka akan menampilkan lingkungan maya yang baik pula. Dibutuhkan tambahan kacamata sebagai tempat diletakkannya smartphone ketika aplikasi VR ini dijalankan. Harga kacamata VR ini berkisar 50 ribuan hingga jutaan rupiah. Sekarang ini pun Samsung bekerja sama dengan Oculus Rift untuk membuat Kacamata VR, namun sayangnya kacamata VR yang dijual dipasaran hanya dapat digunakan pada smartphone Samsung kelas premium.
Aplikasi Virtual Reality menggunakan Smartphone dan Google Cardboard

D. Studi kasus penggunaan aplikasi VR pada mata pelajaran IPA
Aplikasi VR diterapkan pada mata pelajaran IPA materi Tata Surya dilakukan di SMP Negeri 6 Kendari kelas VII tahun dengan menggunakan aplikasi Titan of Space. Pada penerapannya digunakan model pembelajaran berbasis proyek dimana peserta didik secara berkelompok nanti membuat proyek model system tata surya menggunakan bahan limbah / bekas sampah. Untuk memperoleh informasi tentang system tata surya peserta didik menggunakan aplikasi VR Titan of Space. 
Aplikasi VR Titan of Space ini adalah aplikasi gratis yang dapat didwonload di playstore dan oculus store. Dengan menggunakan aplikasi ini peserta didik dapat merasakan bagaimana menjadi astronot untuk mengelilingi system tata surya sekaligus mendapatkan informasi terhadap setiap objek yang dia temui di system tata surya. 
Pada penerapan aplikasi VR ini hanya digunakan 1 buah aplikasi VR beserta kacamatanya. Peserta didik secara bergantian menggunakan aplikasi VR ini dalam kelompok dan kemudian mendiskusikannya kepada teman sekelompok dan selanjutnya mendesain proyek pembuatan model system tata surya yang diberikan oleh guru.
Setelah dilakukan percobaan menggunakan aplikasi VR Titan of Space ini diperoleh data hasil belajar sebagai berikut :
Rata-Rata Hasil Belajar Pada Penggunaan Aplikasi VR

Diperoleh nilai kognitif proses yang berada dibawah 80 untuk 3 kelompok, sekalipun berada pada angka skala konversi tingkat pencapain yang sangat tinggi menurut skala likert. Hal in disebabkan aplikasi VR Titan of Space ini menggunakan bahasa Inggris pada narasi dan deskripsi benda-benda angkasa pada aplikasinya, namun hal ini sangat baik bagi peserta didik untuk melatih literasi kemampuan berbahasa inggrisnya.  Selain rata-rata hasil belajar diatas, juga diperoleh beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Peserta didik dapat merasakan secara langsung berada pada sistem tata surya 
  2. Aplikasi VR Titan of Space ini mampu memvisualkan konsep materi ajar sistem tata surya yang masih abstrak 
  3. Peserta didik mampu membedakan ciri-ciri fisik planet yang berada pada sistem tata surya dan mengkomparasi ukurannya 
  4. Secara afektif, peserta didik benar-benar merasakan kebesaran Tuhan yang Maha Mencipta melalui pengalamannya “secara langsung” mengelilingi sistem tata surya
E. Simpulan
Berdasarkan paparan, data dan pembahasan yang dijelaskan sebelumnya dapat kita simpulkan sebagai berikut :
  1. Aplikasi Virtual Reality (VR) adalah aplikasi yang menerapkan teknologi terbaru yang dapat memvisualisasikan lingkungan maya dengan cara yang berbeda sehingga dapat memberikan pengalaman dan lingkungan belajar yang berbeda bagi peserta didik.
  2. Penerapan Virtual Reality (VR) pada model pembelajaran yang sesuai sekaligus mengkombinasikannya dengan media pembelajaran berbasis non ICT pada mata pelajaran IPA dengan ini mampu meningkatkan hasil belajar secara komperehensif, memenuhi tercapainya hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik
F. Daftar Pustaka
A. Forsberg, dkk. Immerssive VR for Scientific Visualization : A progress Report. IEE Graphics and Applications. 2000.
Hamalik, O. 2007.  Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
R.  T.  Azuma.  2013.  A  survey  of  augmented reality.  Presence:  Teleoperators  and Virtual  Environments,  vol.  6,  no.  4.


Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) pada Pembelajaran IPA Kelas VII Reviewed by Media Edukasi on Mei 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.