Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Cara Membuat Websites Lokal (localhost) untuk Download dan Upload File

Pada kegiatan diklat umunya narasumber akan membagikan file materi menggunakan flashdisk, begitu juga dengan peserta yang akan mengirimkan tugas. Tentu akan sagat ribet dan memerlukan banyak waktu jika peserta secara bergiliran mengumpulkan atau meminta materi. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu dengan cara kolektif. Namun cara demikian rentan dengan menyebarnya virus dari laptop satu ke laptop yang lain. 

Melalui alternatif ini peserta tidak perlu lagi antri ataupun menunggu. Narasumber hanya perlu menggunakan tool ini dan mengaktifkanya menggunakan aplikasi xamp, lalu peserta tinggal mengaksesnya melalui alamat server. 
Berbagi file semudah mengunduh dan mengunggah file di whatsapp
Cara ini juga dapat digunakan oleh Guru kepada siswanya, saat guru akan membagikan materi siswa tinggal mendownloadnya saja. Begitu juga saat siswa akan mengumpulkan tugas, siswa tinggal menguploadnya saja. 
Tidak butuh akses internet
Meskipun memerlukan jaringan wifi dan dibuka dengan web browser, untuk menggunakan aplikasi ini tidak dibutuhkan jaringan internet. Akses wifi dapat menggunakan hostpost pada handphone android dengan mematikan penggunaan datanya.

Berikut langkah-langkah penggunaannya.
  1. Pastikan dalam laptop sudah terinstall aplikasi xampp,
  2. Aktifkan layanan Apache dan mySQL dengan cara klik Start pada kedua layanan tersebut,
  3. Copy Folder "Kegiatan" yang dapat bapak ibu download denga cara mengisi komentar di bawah dengan menuliskan nama dan email,
  4. Paste di dalam partisi C:\xampp\htdocs, pastikan di dalam folder kegiatan ada file-file di bawah ini,
  1. Buka CMD lalu ketikkan ipconfig, lalu catat,
  1. Buka aplikasi mozila atau chrome lalu ketikan hasil pencatatan ipconfig ditambah garis miring kegiatan: contoh 192.168.2.102/kegiatan/ lalu enter,
  1. Jika sudah terbuka halaman seperti ini artinya sudah berhasil,
  2. Lebih lengkap silahkan lihat video berikut ini:

Demikian Cara Membuat Websites Lokal (localhost) untuk Download dan Upload File. Dengan cara ini berbagi file begitu mudah, cepat, dan menyenangkan. Semoga artikel ini dapat membantu.

Jika ada kesulitan silahkan ditanyakan melalui komentar!





Cara Membuat Websites Lokal (localhost) untuk Download dan Upload File Reviewed by Media Edukasi on Februari 21, 2018 Rating: 5

3 komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.