Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Modul Penyusunan Soal USBN 2017/2018

Dirjen Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan Bintek Penyusunan Soal USBN Tahap 1 yang diselenggarakan pada tanggal 27 Februari sd 2 Maret 2018 di Days Hotel Jakarta.

Pada Tahap pertama ini diundang masing-masing perwakilan guru Kab/Kota se Sumatra dan Jawa, berikut daftarnya:
Direncanaan oleh Dirjen Pembinaan SD akan ada tahap berikutnya hingga semua perwakilan guru di Kab/Kota se Indonesia dapat mengikuti sehingga mekanisme penyusunan soal sesuai denga POS ini dapat tersosialisasikan dengan baik.

Penulis sebagai salah satu perwakilan dari Jawa Tengah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada kesempatan ini saya akan membagikan modul kegiatan tersebut guna bapak/ibu guru yang akan mengikuti kegiatan ini dapat mempersiapkan diri.

 Modul Bintek Penyusunan Soal Dapat Diunduh Disini:


 Panduan Penyusunan Soal Dapat Diunduh Disini:
Download 

Modul bimbingan teknis penyusunan soal USBN SD ini disusun untuk melengkapi Panduan Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2018 yang diterbitkan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kedua dokumen akan menjadi bahan dalam pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan soal USBN SD.

Secara garis besar isi modul merupakan penyesuain dari isi panduan penyusunan soal USBN dengan karakteristik penyusunan soal USBN SD dan struktur program bimbingan teknis penyusunan soal USBN SD. Penyesuaian dimaksud meliputi penjabaran teknis penyusunan soal USBN SD dilengkapi contoh-contoh pada setiap tahapan penyusunan soal USBN khusus untuk tingkat SD.


Modul digunakan sebagai:
  1. Dokumen pendukung yang melengkapi Panduan Penyusunan Soal USBN tahun 2018 yang diterbitkan Puspendik, Balitbang, Kemendikbud;
  2. Bahan pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan soal USBN SD yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SD;
  3. Acuan untuk merancang strategi pelaksanaan kegiatan penyusunan soal USBN di kabupaten/kota; 
  4. Panduan Fasilitator pendamping dalam mendampingi guru untuk menyusun soal pada KKG di tingkat kabupaten/kota; 
  5. Panduan bagi guru untuk menyusun soal USBN SD.
Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian yang menjadi acuan adalah Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Dalam penyusunan soal, yang menjadi acuan adalah kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Namun kisi-kisi USBN hanya merupakan awal dari pengembangan soal USBN, beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk memperoleh soal USBN yang berkualitas adalah sebagai berikut.

1. Penyusunan indikator soal
Indikator soal merupakan jabaran lingkup materi dan level kognitif dari kisi-kisi USBN, sebagai pedoman bagi penulisan atau perakitan soal. Penyusunan indikator soal dilakukan oleh KKG penyusun indikator yang dipilih dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

2. Penulisan soal
Penulisan soal dilakukan oleh KKG penyusun soal yang dipilih dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Soal ditulis oleh guru dalam KKG penyusun soal berdasarkan indikator soal yang disusun oleh KKG penyusun indikator. Penulisan soal termasuk pedoman penskoran untuk soal pilihan ganda dan uraian.

3. Penelaahan Soal
Penelaahan soal dilakukan secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal, dilakukan oleh KKG. Hasil telaah soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik langsung diterima/dapat digunakan, soal kurang baik perlu diperbaiki, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis atau tidak digunakan.

4. Perakitan soal
Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk digunakan dalam ujian. Pada perakitan, dilakukan penggabungan antara soal dari Kementerian dan soal yang ditulis oleh pendidik. Perakitan dilakukan di KKG.

Demikian Media Edukasi membagikan modul ini kepada Bapak/Ibu semoga bermanfaat.


Modul Penyusunan Soal USBN 2017/2018 Reviewed by Media Edukasi on Februari 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.