Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Siswa Aktif dan Pembelajaran Inovatif yang Mampu Mengantarkan Guru Ke Forum Nasional


Melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan memberikan arti pada peserta didik merupakan sebuah kunci untuk menjadikan pendidikan peserta didik yang berkarakter. Salah satu upayanya adalah dengan menanamkan cinta pada lingkungan.

Saat itu pembelajaran mengenali bagian tubuh hewan. Peserta didik telah diminta sebelumnya untuk menyiapkan hewan yang ingin diketahui bagian-bagiannya. Aktifitas utama peserta didik adalah mencari tahu bagian tubuh hewan (alat pernafasan melalui pembedahan). Tentu akan banyak peserta didik yang merasa geli, khususnya bagi anak perempuan. 

Tepat bertepatan seminggu setelah pembelajaran tersebut PPPPTK akan menyelenggarakan forum Nasional bagi guru IPA se Indonesia. Kegiatan tersebut bertajuk FKKI.

PPPPTK IPA merupakan lembaga teknis yang salah satu fungsi dan tugasnya adalah meningkatkan kompetensi, kemampuan, keterampilan, wawasan, dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan IPA. FKKI PTK IPA 2016 akan digelar pada tanggal 24-28 Nopember 2016 di Sentul, Jawa Barat.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 500 orang yang terseleksi. Guru SD, Guru IPA SMP, serta Guru Fisika/Kimia/Biologi SMA ditantang untuk berlaga di ajang ini. 

Siswa yang menjadi objek dalam inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelasnya. Dalam penelitian tersebut peserta didik mengidentifikasi organ tubuh hewan melalui pembedahan tubuh hewan. 

Pada materi organ tubuh hewan, peserta didik memanfaatkan aplikasi 3D topik organ tubuh hewan yang telah dikembangkan guru.

Dalam hal ini, peserta didik telah berperan baik dalam penelitian yang dilakukan guru sehingga naskah penelitian guru dinyatakan lolos dalam Forum Kreatifitas dan Karya Inovatif di Tingkat Nasional.


Siswa Aktif dan Pembelajaran Inovatif yang Mampu Mengantarkan Guru Ke Forum Nasional Reviewed by Media Edukasi on Februari 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.