Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG SISTEM PERBUKUAN

Sistem Perbukuan di Indonesia pada tahun 2017 dengan diterbitkannya Undang-undang Nomer 3 Tahun 2017, mengisyaratkan bahwa mulai memasuki babak baru. 

Dengan mempertimbangkan bahwa: 1) membangun peradaban bangsa dengan pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, informasi, dan/atau hiburan melalui buku yang memuat nilai-nilai dan jati diri bangsa Indonesia merupakan upaya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 2) bahwa buku sebagai salah satu sarana membangundan meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus guna mendorong masyarakat berperan dalam tingkat global; 3) bahwa untuk menjamin tersedianya buku bermutu, murah, dan merata, diperlukan tata kelola perbukuan yang dapat dipertanggungjawabkan melalui pengaturan sistem perbukuan secara sistematis, menyeluruh, dan terpadu; 4) bahwa pengaturan perbukuan masih tersebar dalam berbagai peraturan perundang-undangan dan belum diatur secara komprehensif sehingga perlu pengaturan perbukuan; 5) bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf 1, huruf 2, hurrrf 3, dan huruf 4 perlu membentuk Undang-Undang tentang Sistem Perbukuan;

Dalam undang-undang ini mengatur pula Bentuk, Jenis, dan Isi Buku sebagai berikut:

  1. Bentuk:
    1. Bentuk Buku terdiri atas buku cetak dan buku elektronik.
    2. Buku cetak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan karya tulis yang berupa teks, gambar, atau gabungan dari keduanya yang dipublikasikan dalam bentuk cetak.
    3. Buku elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (l) merupakan karya tulis yang berupa teks, gambar, audio, video, atau gabungan dari keseluruhannya yang dipublikasikan dalam bentuk elektronik.
  2. Jenis:
    1. Jenis Buku terdiri atas buku pendidikan dan buku umum.
    2. Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan Buku yang digunakan dalam pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan akademik, pendidikan profesi, pendidikan vokasi, pendidikan keagamaan, dan pendidikan khusus.
    3. Muatan keagamaan dalam Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (21 menjadi tanggung jawab menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama.
    4. Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdiri atas buku teks dan buku nonteks.
    5. Buku teks sebagaimana dimaksud pada ayat (4) terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping.
    6. Buku teks utama sebagaimana dimaksud pada ayat (5) merupakan buku pelajaran yang wajib digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku dan disediakan oleh Pemerintah Pusat tanpa dipungut biaya.
    7. Buku teks pendamping sebagaimana dimaksud pada ayat (5) merupakan buku pelajaran yang disusun oleh masyarakat berdasarkan kurikulum yang berlaku dan telah mendapatkan pengesahan dari Pemerintah Pusat.
    8. Buku umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan jenis Buku di luar buku pendidikan.
    9. Ketentuan lebih lanjut mengenai buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (71 diatur dengan Peraturan Pemerintah.
  3. Isi Buku:
    1. Buku berisi ilmu pengetahuan, informasi, dan hiburan.
Demikian artikel tetang isi atau kandungan dalam undang-undang nomor 3 tahun 2017 yang mengatur tentang Sistem Perbukuan, semoga dengan ditetapkannya undang-undang ini gerakan literasi di Indonesia dapat meningkat dan menjadikan negeri ini menjadi lebih baik.

Lebih lengkapnya salinan undang-undang tersebut dapat di donload disini.

Download


UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG SISTEM PERBUKUAN Reviewed by Media Edukasi on Februari 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.