Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Kisi-Kisi USBN 2018 Terbaru dengan Nomor Soal

Puspendik sebagai instansi yang berwenang dalam menyusun kisi-kisi USBN kini telah merilis kisi-kisi terbaru 2018. Jika sebelumnya kisi-kisi yang diterbitkan tidak mencantumkan nomor soal, kini puspendik telah mengirimkan kisi-kisi bernomor soal kepada KKG Kabupaten/Kota yang dalam hal ini adalah KKG yang berwenang menyusun indikator dan butir soal USBN di daerah.

Sesuai dengan POS USBN 2018, kini soal USBN tidak lagi disusun oleh propinsi melainkan oleh KKG yang ditunjuk di masing-masing Kabupaten/Kota. Namun pada kenyataannya untuk sebagian besar kabupaten kota di propinsi jawa tengah masih menggunakan soal yang disusun oleh tim di tingkat propinsi.

Mekanisme peraturan terbaru tentang penyusunan soal USBN dapat dibaca disini.


Apa perbedaan Kisi-kisi terbaru ini dengan kisi-kisi yang lama?
  1. Pada kisi-kisi terbaru telah dilengkapi dengan nomor soal. Hal ini dapat digunakan sebagai panduan oleh penyusun soal untuk menyusun soal pada nomor tertentu berdasarkan indikatornya.
  2. Pada kisi-kisi terbaru telah dilengkapi dengan rincian materi pada soal yang ditetapkan oleh puspendik (link soal dari pusat).
  3. Melalui kisi-kisi bernomor soal ini guru kelas VI dapat mengidentifikasikan soal yang akan dibuat sebagai soal pilihan ganda ataupun soal uraian.
Kisi-kisi USBN bernomor soal dapat didownload di bawah ini:

Bahasa Indonesia
Download

Matematika
Download

IPA
Download

Dengan mengidentifikasi kisi-kisi terbaru ini semoga guru kelas VI dapat terbantu untuk mempersiapkan peserta didiknya, serta kepada penyusun soal dapat menyusun soal yang lebih baik.

NB: Link download hanya bisa diakses oleh Kabupaten/Kota.


Kisi-Kisi USBN 2018 Terbaru dengan Nomor Soal Reviewed by Media Edukasi on Maret 13, 2018 Rating: 5

1 komentar:

  1. Terima kasih pak telah berbagi kisi-kisi USBN 2018 ini. Sukses selalu untuk bapak dalam membangun blog Media Edukasi , semoga bermanfaat, terima kasih.

    BalasHapus

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.