Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Media Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana

Media Pembelajaran IPA Materi pesawat sederhana ini saya buat pada tahun 2012 menggunakan software SwishMax4. Banyak kenangan dari media ini, bukan hanya karena telah mengantarkan saya sebagai Juara 1 dalam Lomba Guru Berprestasi dalam Bidang Pembuatan Bahan Ajar Mandiri berbasis Komputer di tingkat LPMP Jawa Tengah, melainkan kenangan saat saya membuat media ini dengan melibatkan siswa di SD Negeri Kecil Karangasem.


Pada foto di atas adalah foto saat siswa SD Negeri Kecil Karangasem melaksanakan upacara. Barisan peserta upacara terlihat hanya satu baris saja. Bukan karena peserta lain tidak nampak dalam foto, tetapi memang hanya sebanyak itu seluruh siswa di SD Negeri Kecil Karangasem (27 siswa).

Ide awal saat ingin mengembangkan media pembelajaran IPA materi pesawat sederhana diawali dari banyaknya media yang harus dikumpulkan untuk membelajarkan materi ini.

Dalam media ini saya mengambil dua karakter yaitu yang pertama sebagai anak yang susah (tidak memanfaatkan pesawat sederhana dalam melakukan pekerjaan), sedangkan anak yang kedua berperan sebagai anak yang selalu mendapat kemudahan (karena selalu menggunakan pesawat sederhana dalam melakukan pekerjaan).

Berikut adalah artikel pengantar media pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana yang di publikasikan di www.formulasi.or.id

Pendidikan IPA memiliki potensi besar untuk memainkan peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Potensi tersebut dapat terwujud jika pendidikan IPA berorientasi pada pengembangan kemampuan berfikir dan berbahasa, peyiapan peserta didik menghadapi isu sosial dampak penerapan IPTEK, penanaman nilai-nilai etika dan estetika, kemampuan memecahkan masalah, pengembangan sikap kemandirian, kreatif serta tanggung jawab. Namun kenyataan di lapangan, ditemukan bahwa hasil pembelajaran IPA menjadi rendah yang berpengaruh pada pembelajaran dan hasil belajar. Menurut Djohar (Bolger, 2008:1) bahwa : “Secara umum pembelajaran IPA saat ini belum berorientasi pada proses belajar, namun lebih mementingkan pada produk belajar, yakni pada pengetahuan”. Interaksi guru dan murid sekedar transfer pengetahuan dari seorang guru terhadap murid.

Pembelajaran IPA dengan cara primodial seperti yang diilustrasikan di atas, menghasilkan peserta didik yang sekedar memperoleh hapalan pengetahuan yang tidak lengkap dan mudah dilupakan sehinga tidak bermanfaat bagi kehidupnnya. Dengan demikian, pendidikan yang tekstual justru akan menjauhkan peserta didik dari realita asing terhadap fakta. Asing terhadap konteks pembelajaan dunia nyata, asing terhadap proses konseptualisasi, tidak mampu membuat konsep kehidupan, tidak mandiri dan lebih senang hidup tergantung dalam segala hal. Pendekatan tekstual dapat mengakibatkan keterpurukan dalam bidang IPA dan tertinggal dengan bangsa barat dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (IPTEK).


Berdasarkan pengamatan faktor penyebab dari ketidakmampuan siswa dalam konsep pesawat sederhana adalah siswa mengalami kejenuhan sehingga siswa tidak mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kekurangantepatan pendidik didalam menerapkan  tehnik pembelajaan pada saat pelajaran IPA berlangsung. Pada saat proses pembelajaran berlangsung pendidik tidak menerapkan teknik yang sesuai dengan kebutuhan siswa yakni tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat, sehingga anak mudah jenuh dan tidak mau mengikuti proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu suatu upaya yang dapat mengatasi diatas antara lain melalui penggunaan “Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana”.

“Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana” merupakan alat atau media yang digunakan dalam membuktikan teori-teori IPA yang dihubungkan dengan lingkungan alam yang tujuannya mendorong anak agar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, maka “Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana” perlu digunakan, agar dapat membantu dan memudahkan siswa memahami konsep pesawat sederhana sehingga pembelajaran menjadi aktif, menarik, komunikatif, bermakna dan tidak menjenuhkan.

Lingkup materi
Media pembelajaran IPA “Pesawat Sederhana” berisi tentang konsep, animasi, simulasi, latihan dan pembahasan, evaluasi dan tindak lanjut. Media ini diperuntukkan bagi siswa kelas V SD/MI semester 2.

clip_image004

clip_image006

Fungsi dan Manfaat 
1. Sebagai media pembelajaran bagi siswa yang dimanfaatkan untuk belajar secara mandiri di rumah. 
2. Membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran pada materi Pesawat Sederhana. 
3. Melalui simulasi, siswa dapat mengidentifikasi jenis Pesawat Sederhana. 
4. Melalui latihan, siswa dapat mengukur kompetensinya dalam memahami konsep pembelajaran. 
5. Melalui evaluasi, guru dapat mengukur kompetensi siswa. 
Sasaran Program 
1. Guru lebih mudah menerangkan materi tentang Pesawat Sederhana. 
2. Siswa dapat memanfaatkan program tersebut untuk belajar mandiri di rumah dengan menyenangkan. 
3. Siswa lebih mudah menerima pelajaran dari guru. 

Download

Semoga media pembelajaran ini, dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru.


Media Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Reviewed by Media Edukasi on Maret 05, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.