Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Membuat Game Edukatif Menggunakan Articulate Storyline (Game Input Teks 3)

Pembuatan Game Edukatif dapat dilakukan menggunakan banyak software, beberapa sofware yang pernah saya tuliskan tutorialnya diantaranya: Powerpoint, Animated CC, Flash, Adobe Director, SwishMax, Construct 2, dan Articulate Storyline.

Beberapa software yang saya sebutkan di atas memerlukan bahasa pemprogaman agar edu game yang kita buat dapat berjalan sesuai dengan kehendak kita. Bagi guru mengkin akan dibutuhkan waktu jika belum memahami bahasa meprogaman sama sekali. 

Pengalaman penulis saat pertama kali mengembangan edu game menggunakan adobe director, membutuhkan waktu 3 bulan hingga tercipta 1 media edugame, saat itu media hasil pengembangan tersebut memperoleh juara harapan 2 pada lomba pembuatan bahan ajar interaktif di tingkat Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2011. 

Beberapa alasan membuat penulis ingin mempelajari sofware baru, hingga penulis mencoba menggunakan sofware SwishMax untuk mengembangan media pembelajaran. Kurang lebih penulis membutuhkan waktu 6 bulan hingga tercipta 1 media pembelajaran yang saat itu memperoleh juara 3 pada lomba pembuatan pengayaan sumber belajar berbasis komputer yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi melalui BPTIKP pada tahun 2012.

Pada tahun yang sama dengan menggunakan SwishMax penulis mencoba mengembangkan media pembelajaran interaktif, berdasarkan pengalaman 6 bulan menekuni software ini, dalam waktu 2 minggu penulis dapat membuat satu media pembelajaran yang saat itu dapat memperoleh juara 1 pada lomba guru berprestasi dalam pembuatan bahan ajar mandiri berbasis komputer yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah.

Sejalan dengan perkembangan media pembelajaran komputer yang mulai ditinggalkan untuk beralih ke media pembelajaran berbasis android. Penulis mencoba mencari arternatif sofware, dikarenakan untuk swishmax ini tidak dikembangkan lagi oleh perusahaan pengembangnya, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengambangkan aplikasi android.

Pada tahun 2015 sd 2017 penulis menggunakan Sofware Animated CC untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android (APK). Beberapa media pembelajaran berbasis android mengantarkan penulis memperoleh penghargaan: 1) sebagai finalis lomba mobile edukasi tahun 2015 dan 2016 (tingkat nasional); 2) finalis olimpiade nasional inovasi pembelajaran matematika tahun 2015 dan 2016 (tingkat nasional); 3) juara 1 lomba inovasi pembelajaran tahun 2017 (tingkat nasional); 4) juara 3 lomba guru berprestasi tahun 2017 (tingkat propinsi); juara 3 lomba media pembelajaran anti korupsi tahun 2018 (tingkat nasional).

Kebutuhan ilmu yang semakin berkembang membuat tantangan baru. HTML5 yang lebih familier dengan semua perangkat mobile, membuat penulis kembali lagi mempelajari software baru. Articulate Storyline dipilih untuk dipelajari karena penggunaannya yang mudah, hingga lebih mudah untuk diajarkan karena tidak membutuhkan bahasa pemprogaman.

Articulate Storyline adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat presentasi. Memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Power Point, Articulate Storyline memiliki beberapa kelebihan sehingga dapat menghasilkan presentasi yang lebih komprehensif dan kreatif. Software ini juga mempunyai fitur-fitur seperti timeline, movie, picture, character dan lain-lain yang mudah digunakan.

NB: Bersambung

Berikut adalah tutorial pembuatan Edu Game Menggunakan Articulate Storyline (Game Input Teks 3)
  1. Materi ini adalah materi ke 10 dari diklat pembimbingan pembuatan game edukatif berbasis articulate storyline. 
  2. Jika bapak ibu berminat mendapatkan software Articulate Storyline, serta bahan yang digunakan dalam mengembangankan media ini, silahkan bagikan artikel ini dihalaman facebook/whatsapp/instagram/dll disertai dengan komentar dengan mencantumkan alamat email.
Semoga bermanfaat.


Membuat Game Edukatif Menggunakan Articulate Storyline (Game Input Teks 3) Reviewed by Media Edukasi on Maret 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.