Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Membuat Slide Presentasi yang Menarik

Slide presentasi dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Contohnya seperti saat karyawan akan memaparkan idenya kepada pemilik perusahaan. Agar pemilik perusahaan tersebut tertarik dengan ide yang disampaikan oleh karyawan, maka seorang karyawan harus menguasai teknik presentasi serta tak meninggalkan pula kaidah dalam membuat presentasi yang baik.

Dalam membuat slide presentasi, sebenarnya ada banyak software yang dapat digunakan. Berikut akan saya ulas tentang 10 Software pembuat slide presentasi.

1. Visme
Visme menawarkan semua alat yang Anda butuhkan untuk presentasi. Tak hanya sekedar aplikasi untuk presentasi biasa, Visme juga memberikan infografis, visualisasi data, laporan, demo produk, dan resume. Anda pun bisa menggunakan template yang memang disediakan oleh aplikasi ini. Tak hanya itu saja, tampilan background HD dan layout yang disajikan oleh Visme tampak sangat profesional. Aplikasi ini dikemas dalam jutaan gambar gratis, ribuan ikon vektor, alat grafik, dan ratusan jenis font. Anda bisa membuat konten visual dengan Visme dengan menambahkan animasi, interaktivitas penuh, dan audio.

2. Haiku Deck
Aplikasi presentasi berbasis Cloud ini sering dianggap sebagai alternatif mobile untuk Prezi dan Powerpoint. Haiku Deck menawarkan 27 jenis template yang berbeda dan 35 juta stok foto. Anda bisa melihat dan mengedit setiap slide Haiku Deck dengan iPhone maupun iPad. Ekspor presentasi yang Anda buat dengan Haiku Deck ke PDF, Powerpoint, dan Keynote juga lebih mudah dengan aplikasi ini.

3. Emaze
Sebuah alat presentasi sederhana yang menggunakan HTML5 ini bisa berjalan pada setiap browser maupun perangkat yang berbeda, termasuk Chromebook atau merk tablet lainnya. Emaze dirancang khusus untuk para pengguna yang ingin membuat presentasi mudah hanya dalam waktu beberapa menit saja. Emaze menawarkan tampilan profesional dalam bentuk template 2D dan 3D. Ingin membuat presentasi dalam bentuk video? Tentu saja Emaze sanggup melakukannya. Anda pun bisa mengakses hasil presentasi Anda secara online karena ini adalah aplikasi berbasis Cloud. Buat presentasi dengan visualisasi yang canggih dengan Emaze.

4. Prezi
Ingin software berbasis Cloud untuk presentasi nonlinear? Mungkin aplikasi untuk presentasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Adalah Prezi sebuah aplikasi yang bisa melihat dan mengedit hasil presentasi dari perangkat apapun. Semua hasil presentasi yang Anda buat akan tersimpan di Cloud, tapi Prezi juga bisa digunakan secara offline.

5. Keynote
Jika Windows mengandalkan Microsoft Powerpoint, di perangkat Apple Anda bisa mengandalkan Keynote. Ini adalah aplikasi yang diharapkan oleh Apple, karena Keynote terlihat cerdas, canggih, dan intuitif. Keynote dikemas dengan fitur pendukung yang kuat, mulai dari kemampuan membuat grafik interaktif, menambahkan refleksi, dan memberikan frame pada gambar.

Software ke 6 sd 10 dapat di baca disini

Pengalaman penulis membuat slide presentasi yaitu menggunakan Prezi dan PowerPoint. Prezi dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membuat slide presentasi karena tampilannya yang segar jika dibandingkan PowerPoint, namun kelemahan dari Software ini adalah berbasis gambar dan teks zoom in dan zoom out. Serta saat dijalankan pada komputer speck rendah lumayan berat.

PowerPoint adalah software yang paling umum digunakan untuk membuat slide presentasi. Dalam pemanfaatan di kelas, slide presentasi dapat digunakan untuk memvisualisasikan konsep-konsep yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam slide presentasi dapat berisi Data, Tabel, Diagram, Gambar, Video, dan Suara.

Pada kegaiatan atau event besar seperti mempresentasikan proposal penelitian kepada dosen; mempresentasikan penelitian kepada juri lomba; mempresentasikan produk kepada clien, sang presenter haruslah benar-benar memperhatikan 3 hal dalam slide presentasinya yaitu: 
  • Menyiapkan konten
Inilah langkah pertama yang perlu Anda siapkan. Konten adalah elemen utama yang harus Anda siapkan sebaik mungkin sebelum Anda membuat slide, bahkan sebelum Anda berpikir tentang desain yang akan Anda buat.
Untuk menyiapkan konten, Anda harus memulainya dengan pena dan kertas bukan dengan membuka komputer atau membuka powerpoint.
Untuk menyiapkan konten atau materi presentasi, Anda bisa menggunakan brainstorming, mind map dan logical structure. Cara-cara ini dilakukan untuk mendapatkan ide-ide yang akan Anda kembangkan menjadi materi presentasi.
Setelah ide terkumpul, silakan seleksi mana ide-ide yang akan Anda gunakan dan mana yang tidak. Setelah itu rapikan ide-ide Anda. Setelah Anda memiliki ide-ide yang sudah terstruktur dengan baik, kemudian silakan kembangkan ide-ide tersebut menjadi materi presentasi yang utuh.
  • Membuat Storyboard
Setelah Anda memiliki materi presentasi yang lengkap, dan sebelum membuat desain slide ada satu tahap yang perlu Anda lakukan yaitu membuat storyboard.
Storyboard adalah alat serbaguna untuk mulai memvisualisasikan konten presentasi Anda. Storyboard adalah sebuah sketsa atau gambar yang ditampilkan secara berurutan. Tujuannya adalah untuk melihat gambaran cerita visual yang Anda buat secara keseluruhan. Dan storyboard umumnya terdiri dari dua elemen yaitu konten dan sketsa gambar.
  • Mendesain dengan powerpoint
Setelah storyboard selesai Anda buat, selanjutnya silakan desain slide berdasarkan storyboard yang sudah Anda rancang dengan menerapkan prinsip-prinsip desain desain yang baik.
Kemudian optimalkan juga setiap elemen dari slide presentasi Anda. Seperti elemen gambar, font, warna, shape, animasi, transisi dan juga video.

Berikut saya lampirkan contoh slide presentasi yang penulis dapatkan dari template premium. Bapak Ibu bisa mendownloadnya dan memanfaatkannya untuk membuat presentasi yang menarik.


untuk mendownloadnya silahkan klik disini:

Download


Membuat Slide Presentasi yang Menarik Reviewed by Media Edukasi on Maret 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.