Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Syarat dan Cara Mengusulkan NUPTK bagi Guru Non PNS dan PNS

Bagi seorang pendidik dan tenaga kependidikan NUPTK begitu memiliki peranan penting. Salah satunya adalah sebagai salah satu syarat bagi guru untuk memperoleh hak nya sebagai guru. Misalnya memperoleh kesempatan untuk mengikuti PPG maupun untuk mengikuti lomba guru yang diselenggarakan oleh pemerintah.
Dalam pengajuan NUPTK dapat dikatakan sangatlah rumit, berbagai syarat harus guru lalui untuk mendapatkan NUPTK ini.

Syarat Mendapatkan NUPTK Baru

  • Syarat bagi Guru bukan PNS, TK/PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK
    1. KTP
    2. SK Bupati/Wali Kota/Gubernur untuk Guru di Sekolah Negeri, sementara untuk guru di sekolah swasta cukup dengan SK GTY
    3. Surat Tugas dari atasan langsung/Kepala Sekolah
    4. Ijazah SD; SMP; SMA dan S1/DIV


  • Syarat bagi Guru berstatus PNS/CPNS
    1. KTP
    2. SK Pengangkatan PNS/CPNS Asli (Buka Foto Copy)
    3. SK Penugasan
    4. Ijazah SD; SMP; SMA dan S1/DIV

Langkah-langkah Pengusulan NUPTK

  1. Pertama, tentu kita harus login dahulu di portal vervalPTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Kedua, setelah berhasil login langsung saja menuju menu NUPTK – Calon Penerima NUPTK. Seperti berikut ini. Ketiga, Silahkan pilih salah satu PTK lalu pilih tombol Upload Documen maka akan tampil berbagai macam dokumen yang harus di Unggah. Dokumen dimaksud adalah: Scan KTP; SK GTT bagi guru disekolah negeri (SK Bupati/Kepala Daerah) SK GTY bagi sekolah swasta; Scan Ijazah SD; SMP; SMA/SMK; dan Sarjana S1/D4; Scan SK CPNS/PNS; Surat Penugasan Dinas (SPMT) bagi guru berstatus PNS/CPNS.
  3. Terakhir, Perlu diingat bahwa seluruh dokumen di atas adalah hasil scan dokumen asli, Identitas pada dokumen hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas.
Sebaiknya setiap dokumen yang diunggah diberi nama sesuai denga dokumennya, jika ijazah SD berilah nama dengan Ijazah SD. Seluruh dokumen yang di unggah dalam bentuk ekstensi .PDF, sehingga jika hasil scan dokumen berupa gambar harus di convert terlebih dahulu ke format .PDF.

Merubah gambar kedalam file .pdf dapat dilakukan dengan mudah apabila menggunakan program mocrosoft Office 2010, 2013 ataupun 2016, cukup copy file atau insert image kedalam microsoft word lalu pilih menu save as pdf.

Namun jika komputer menggunakan program office 2007 ke bawah maka perlu tambahan extensi save as pdf yang bisa didownload di situs resmi microsoft. Jika seluruh dokumen syarat mendapatkan NUPTK telah siap maka akhiri proses ini dengan menekan tombol Upload Dokumen, maka proses telah selesai.

NB: Tepat saat penulis mengunjungi laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id saat ini sedang dalam perbaikan, jadi harap bersabar.
Demikian, semoga artikel ini bermanfaat, selanjutnya jika laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id sudah normal kembali admin akan membuat tutorialnya bagi, bapak ibu guru.


Syarat dan Cara Mengusulkan NUPTK bagi Guru Non PNS dan PNS Reviewed by Media Edukasi on Maret 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Media Edukasi ©2018
Powered By Blogger, Designed by Hendrik Sang Pencerah

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.